Ketua DPRD Riau apresiasi buku bertajuk “Demokrasi Wani Piro” karya Bagus Santoso

0 448

PEKANBARU, Buletininews.com — Ketua DPRD Riau mengapresiasi kegiatan bedah buku yang digagas oleh salah seorang Wakil Rakyat yakni Bagus Santoso yang berjudul “Demokrasi Wani Piro”,yang diselenggarakan siang tadi di Gedung perpustakaan DPRD Riau,Jalan Sudirman.

Ketua DPRD Riau Septina Primawati mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik sosok Bagus Santoso, di tengah kesibukan sebagai wakil rakyat dia masih produktif menghasilkan karya.

“Saya sangat apresiasi dengan beliau yang terus memproduksi karya buku-bukunya yang semoga bermanfaat bagi masyarakat Riau, apalagi buku ini tentang politik saat ini,”ujarnya

Hal senada juga disampaikan salah seorang pengamat politik Riau Saiman Pakpahan mengatakan,buku tersebut memceritakan bagaimana proses demokrasi yang ada di Indonesia saat ini.

“Apa yang disuguhkan didalam buku ini adalah suatu keniscayaan akar rumput yang ditemui penulis dilapangan,seperti apa politik sesungguhnya,”ungkapnya.

Sementara itu, Bagus Santoso menjelaskan Demokrasi Wani Piro menggunakan bahasa Jawa yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Isi dari buku tersebut menjelaskan tentang transaksional yang terjadi dalam demokrasi.

“Buku itu mengungkap apa yang terjadi secara empirik dan yang dihadapi masyarakat dan caleg serta parpol jelang pemilu,” ujar Bagus yang merupakan Mantan Wartawan.

Khusus pada tahun politik 2019 ini Bagus Santoso kembali menyusun tiga buku yaitu Demokrasi Wani Piro, Dinamika Politik Riau, Mahar Politik dan Kontestasi.

“Demokrasi Wani Piro merupakan buku ketiga saya. Buku ini menunjukkan bagaimana demokrasi berjalan di Indonesia, khususnya di Riau beberapa periode terakhir,” tuturnya.

Foto: Bagus Santoso Dan Forum Wartawan DPRD Riau

Lounching dan bedah buku ini juga menegaskan bahwa anggota DPRD sebagai corong dan cermin pelaku politik dituntut profesional, harus memiliki kemampuan pengetahuan, dan siap memberikan informasi yang strategis dalam peran penting untuk membangun masyarakat, memajukan dan menjayakan daerah Riau.

“Ilmu pengetahuan dan pengalaman terbukti ampuh membantah tudingan Anggota DPRD asbun (asal bunyi) bicara tidak berdasar data,” jelas anggota Komisi II DPRD Riau ini.

Buku dengan pengantar Saiman Pakpahan Pengamat Politik, Dosen Universitas Riau dan Ruslan Ismail Mage Direktur Eksekutif Sipil Institut Jakarta ini diterbitkan oleh penerbit Nusamedia Bandung dan dicetak di Yogyakarta.

Pada buku yang bersampul hitam ini juga ditaburi berbagai komentar dan pandangan dari ahlinya para pakar, profesional, akademisi, wartawan dan politisi antara lain: M Hapiz Pimred Riau Pos, Ahmad S Udi Pimred Riauterkini.com.

Doni Rahim Pimred Haluan Riau, Yanto Budiman Situmeang Pimred Majalah Azam, Zulmansyah Sekedang Ketua PWI Provinsi Riau, Dheni Kurnia wartawan Senior mantan Ketua PWI serta Saiman Pakpahan Akademisi.

“Rencananya, buku ini akan dijual di seluruh Gramedia di Indonesia,” tutupnya. (ADV)

Leave A Reply

Your email address will not be published.