DKPP Gelar Sidang Kode Etik KPU Kuansing

0 166

PEKANBARU, Buletininews.com — Dewan Kehormatan Penyelengara Pemilu (DKPP) menggelar pemanggilan pertama pengadu yang merupakan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Hanura Provinsi Riau, Suhardiman Amby, dengan teradu komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuansing.

Sidang dengan agenda mendengarkan pokok pengaduan dari pengadu dan teradu ini dimulai pukul 09.00 WIB. Suhardiman sebagai pelapor pun menyampaikan laporan dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh KPU Kuansing. Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) juga memberi kesempatan pihak KPU Kuansing untuk menjawab.

Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) selaku pimpinan sidang, Alfitra Salam mengatakan, bahwa putusan sidang dugaan pelanggaran kode etik ini belum bisa dipastikan. Dirinya mengatakan, pihaknya akan mendalami laporan dan bukti yang disampaikan oleh pengadu serta teradu.

“Belum bisa dipastikan, karena tadi baru mendengarkan buktinya saja. Nanti setelah salat Jumat akan dilanjutkan. Tapi, jika sidang pertama ini tidak mencukupi akan dibuka sidang kedua dengan hari yang berbeda tergantung keputusan majelis. Kita juga akan mendalami bukti – bukti,” Ujarnya.

Dilokasi yang berbeda, Suhardiman Amby sebagai pelapor menuturkan, dirinya menginginkan penyelenggaraan pemilu yang jujur dan adil. Ia berharap, agar sebagai penyelenggara, KPU memberikan hak peserta pemilu, baik hak administratif maupun komunikatif.

“Saya sebagai pengadu menginginkan pemilu yang benar jujur dan adil. KPU Kuansing ini banyak membuat kebijakan – kebijakan yang bertentangan dengan UU. Sembilan pokok yang saya adukan itu, juga dirasakan hampir semua parpol. Hak mereka tak diberikan baik hak yang bersifat administratif maupun komunikatif. Inilah yang menjadi keinginan saya melakukan penyampaian kepada DKPP agar ada tindakan – tindakan yang rasional dan beralaskan peraturan perundang – undangan,” jelas politisi Hanura Riau ini.

Namun, karena waktu yang tidak mencukupi, sidang yang berlangsung di ruang sidang Bawaslu Riau, Jalan Adi Sucipto, Kota Pekanbaru ini diskors setelah selesai sholat Jumat. (D12)

Leave A Reply

Your email address will not be published.