Bupati Rohil Suyatno Kunjungi Tanaman Holtikultura di Desa Sialang

0 754

Bagansiapiapi, Buletininews.com — Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau Suyatno mengunjungi tanaman Holtikultura yang terdapat di Desa Sungai Sialang Kecamatan Batu Hampar.

Suyatno menyempatkan diri melihat tanaman Holtikultura milik warga sebelum melanjutkan perjalanan dalam rangka memberikan bantuan alat pertanian di Kecamatan Rimba Melintang.

Sewaktu melihat hasil perkebunan warga, dirinya merasa takjub, walaupun sistem pertanian masih bersifat tradisional, namun hasilnya sungguh sangat mencengangkan.

“Jujur saya merasa kagum melihat berbagai tanaman yang tumbuh subur di Sungai Sialang kepenghuluan Bentayan Hilir. Semua ini tidak terlepas dari bimbingan kepala dinas, PPL, dan Babinsa setempat untuk mengembangkan tanaman Holtikultura,” ungkap Suyatno.

Dalam kunjungan itu bupati melihat tanaman hortikultura yang ditanami warga mengarah pada produk-produk konsumsi seperti buah melon, bawang merah, jagung, pare, labu madu, sayur kol, gambas dan cabai.

Untung dari tanaman yang dikembangkan oleh kelompok tani Tunas Mandiri tersebut, dapat menunjang ekonomi rumah tangga sehingga mereka tidak perlu lagi mengeluarkan uang belanja guna memenuhi kebutuhan dapur.

Disitu dia juga berharap kepada kelompok tani jika pada saat panen nanti, dirinya akan datang jika diundang dan akan mengajak ibu PKK dan instansi yang berhubungan dengan kegiatan panen raya tersebut.

Petani di Desa Bentayan Hilir Akan Terima Bantuan dari Dana CSR

Disela kunjungan, Bupati terkejut melihat tanaman Holtikultura yang begitu luar biasa.

“Iya, senin kemaren, saya melakukan kunjungan ke Desa Bentayan Hilir, Kecamatan Batu Hampar, saya terkejut dan terharu melihat tanaman Holtikultura sangat luar biasa seperti Labu, Jagung, Cabe, Melon dan lain lainnya,”kata Bupati Suyatno.

Supaya para petani tetap bercocok tanam, Bupati Suyatno perintahkan kepada Kepala Dinas Pertanian supaya Poktan tersebut mengajukan proposal kepada Pemerintah Daerah agar segera kita tindak lanjuti.

“Insyallah tahun ini akan kita beri bantu melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Riau Kepri, untuk pembuatan Embung dan Saung untuk Kelompok Tani yang berada di Desa Bentayan Hilir,” Kata Bupati.

“Ini suatu kebanggaan saya, tidak hanya di Bentayan Hilir kalau bisa di Desa lain juga melakukan hal yang sama dan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir akan sprot kegiatan tersebut,” ucap Suyatno.

Bupati Suyatno mengucapkan terima kasih kepada Kelompok Tani (Poktan) dan saya tak menyangka ada Dusun di Desa Bentayan Hilir menanam jenis Holtikultura. Dan ini perlu perhatian khusus Pemda Rohil.

Terkait tanaman Holtikultura ini, ucap Suyatno, saya sudah melaporkan ke bapak Gubernur Riau, pejabat di Provinsi Riau dan pejabat di Rokan Hilit. Gubernur beserta pejabat Riau, dan mereka kaget melihat foto tanaman holtikultura yang ada di Desa Bentayan Hilir ini,”ucap Bupati.(ADV)

Leave A Reply

Your email address will not be published.