Bupati Sukiman Resmikan Gedung Posyandu di Kecamatan Kepenuhan

0 165

Pasir Pangaraian, Buletininews.com — Bupati Rokan Hulu  H Sukiman resmikan pemakaian Gedung Ps Pelay anan Terpadu (Posyandu) Cendrawasih Kelurahan Kepenuhan Tengah, Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Kamis (23/1/2020).

Dia berharap dengan dibangun dan diresmikan Posyandu tersebut bisa memberikan pelayanan kepada Ibu Hamil dan Bayi sehingga bisa mencegah stunting.

Sukiman usai meresmikan Posyandu Cendrawasih,  yang ditandai dengan penguntingan pita dan membuka papan selubung bersamaan juga dengan MPTB BUEK Kelurahan Kepenuhan Tengah  tahun buku 2019.

Kegiatan itu, dihadiri Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, Ketua DWP Rohul Hj Neti Haris, Anggota DPRD Rohul M.Ilham SP MM, Kepala Bapenda Rohul Elbizri, Kaban Kesbangpol Rohul Musri S.Sos, Kadis DLH Rohul Suparno, Kadis DPMPD Rohul Margono SSos, Kabid PIKP Diskominfo Rohul H Erwan SP M Agr.

Sukiman mengapresiasi pembangunan Gedung Posyandu tersebut dan berharap gedung posyandu yang representatif ini bisa memberi manfaat dan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan balita, jika dilakukan pemeriksaan tepat waktu dan terpenuhinya asupan gizi yang cukup dapat menjaga kesehatan ibu dan bayi.

iklan artikel tengah

“Dengan dibangun dan diresmikannya Posyandu Cendrawasih ini kita berharap bisa membantu khususnya ibu-ibu bayi dan balita bisa mendapatkan pelayanan kesehatan sehingga tidak ada lagi ibu, bayi dan balita menderita penyakit serta dengan mudah dilayani dengan harapan bisa mencegah stunting,” jelas Sukiman

 Sukiman menerangkan Stunting masih menjadi persoalan yang banyak ditemukan di berbagai wilayah, meski di Rohul angka stunting sudah mulai berkurang, Posyandu dinilai merupakan program yang tepat untuk menangani persoalan tersebut.

“Artinya Posyandu merupakan garda terdepan upaya pencegahan stunting. Ini yang perlu dijabarkan dalam rencana aksi secara konkret di lapangan,” katanya

Menurutnya kekuatan utama Posyandu berada pada deteksi awal oleh kader. Deteksi awal itu terkait dengan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi seiring berjalannya usia, sehingga jika ditemukan masalah pertumbuhan anak di usia 0 sampai 23 bulan dapat terdeteksi di Posyandu. Karena kekuatan Posyandu itu adalah karena adanya kader. 

“Kader Posyandu adalah aset berharga dalam mensukseskan upaya pelaksanaan Program dan penurunan stunting melalui Posyandu.

Kita berharap Kantor Posyandu ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh kader-kader Posyandu dalam memberikan pelayanan kepada ibu hamil dan bayi,” jelas Sukiman.(Adv/kominfo rohul/Agus Asmara)

Iklan di bawah artikel

Leave A Reply

Your email address will not be published.