Uang 530 juta Raib Dirampok , Salah Satu Pelaku Ditangkap Di Sigalangan , Tapsel

0 493

ROKAN HULU, Buletininews.com — Jajaran Polres Rokan Hulu (Rohul) Berhasil Melakukan pengungkapan tindak Pidana Pencurian Dengan Kekerasan (Curas) Pada Sabtu (19/12/2020) Pukul 03.00 Wib.

“Korban Adalah NH Ibu Rumah Tanggga, warga Pardomuan RT 007 RW 005 Desa Tingkok Kecamatan Tambusai Kabupaten Rohul, ” kata Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH melalui Paur Humas IPDA Totok Nurdianto SH pada Senin (21/12/2020) .

Lanjut Paur Humas IPDA Totok Nurdianto SH, Adapun Saksi Dodi dan Yun, Pelaku MY, Tinggal di Sigalangan Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan Provinsi Sumatra Utara.

“TKP Penangkapan di Sigalangan Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan,” sebutnya.

Paur Ipda Totok Nurdianto Mengungkapkan, Adapun Barang Bukti (BB) yang diamankan Berupa Uang tunai sebesar Rp 1.550.000, satu Helai Baju warna merah merk gucci (dibeli menggunakan uang hasil kejahatan), Satu Helai Celana warna merah merk Gucci (dibeli Menggunakan uang Hasil Kejahatan).

“Satu Helai Celana warna Hitam merk Hugo (dibeli menggunakan uang hasil kejahatan), Satu helai Celana Training merk OPX (dibeli menggunakan uang hasil kejahatan) dan Satu Unit Sepeda Motor Honda Blade Milik Hamdan (digunakan Pelaku untuk melakukan Pencurian Dengan Kekerasan),” tuturnya.

Kronologi kejadian terjadi Bermula Pada Selasa 1 Desember 2020 lalu sekitar Pukul 08.00 Wib. Pelapor NH Setiba di depan rumah Ibu Win Dengan Mengendarai mobil Kijang Inova warna Hitam No Pol : BK 1297 YN.Pada saat turun dari Mobil tiba tiba Datang 4 Orang yang tidak dikenal menghampirinya.

Kemudian Salah satu dari Orang yang tidak dikenal itu Langsung Menodongkan Sejenis Senjata Api Warna Silver ke Arah Kepala Pelapor sambil berkata “Serahkan tas itu dan jangan bergerak”.

Kemudian Pelapor langsung Menyerahkan tas Berwarna Hitam yang Berisikan Uang sejumlah Rp 530.000.000 dan Tas warna Biru yang berisikan 3 unit HP yaitu, 1 Unit HP merk Vivo V7 Warna Hitam, 1 Unit HP Merk Samsung warna Dongker dan 1 Unit HP merk OPPO A3 S Warna Merah.

Setelah tas tersebut diserahkan, kemudian ke 4 orang tersebut langsung kabur meninggalkan tempat Kejadian.

Atas Kejadian Tersebut, Pelapor Mengalami kerugian Materil sebesar 540.000.000 dan Melaporkan Kejadian Tersebut ke Polsek Tambusai untuk Proses lebih lanjut.

Kronologi penangkapan Terjadi pada Kamis 17 Desember 2020 sekitar pukul 16.00 Wib.Tim Opsnal Mendapat Informasi dari Masyarakat Bahwa Pelaku TP Pencurian dengan kekerasan yang Terjadi di Rantau Kayu Kuning Desa Rantau Panjang Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan hulu , Saat ini Sedang Berada di Sigalangan Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan Provinsi Sumatra Utara.

Berdasarkan informasi tersebut, Tim kemudian Berangkat ke Lokasi Sesuai Dengan Info Tersebut Yang Dipimpin langsung Kasat Reskrim AKP Rainly L,SIK.

Sesampainya di Lokasi Yang di Maksud Tim langsung Bergerak dan Pada Sabtu 19 Desember 2020 sekitar pukul 03.00 Wib, Tim Mengamankan seorang Pria di Sigalangan Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan, Yang Mengaku Bernama MY yang sedang berada disebuah Gubuk di Kebun Karet.

Dari hasil Introgasi diketahui bahwa MY melakukan pencurian dengan kekerasan Tersebut Bersama dengan 3 temannya yang bernama TI (DPO), RU (DPO) dan PT (DPO) dengan cara , Mereka Dipinjamkan Kendaraan HD (DPO).

Kemudian melakukan aksi pada pagi hari sebelum kedai tempat kejadian perkara tersebut dibuka. Kemudian MY Memanggil Pemilik kedai dan memesan Mie Instan dan Teh Manis Sebanyak 4 buah.

Kemudian di saat korban datang Para tersangka Langsung Menghampiri Mobil korban dan PT (DPO) berperan Menodong Senjata Api Mainan Untuk Menakut-nakuti Korban, TI (DPO) Berperan Memasukkan korban dan saksi kedalam ruangan menggunakan Egrek, RU berperan membantu Memasukkan Korban dan Saksi ke dalam ruangan menggunakan egrek dan MY  langsung Mengambil tas yang Berisi Uang Tersebut.

Kemudian Mengumpulkan Seluruh korban dan menyekap ke dalam rumah di tempat kejadian perkara tersebut. Kemudian di saat salah satu korban melawan MY memukulkan gancu ke korban yang Mengakibatkan kepala korban Berdarah.

Kemudian ke 4 pelaku langsung kabur meninggalkan tempat kejadian dan membawa uang tersebut untuk dibagi rata oleh TI (DPO) dan diketahui dari MY  bahwa Pembagian tersebut rata sebesar Rp.80.000.000 per Orang namun untuk MY Hanya diberi uang sebesar Rp 30.000.000 karena MY dan TI (DPO) sudah Berjanji ingin Membeli kebun seharga Rp. 50.000.000 dan Setelah pembagian mereka pun berpisah.

Pada saat dilakukan pengembangan Tim opsnal mendapat informasi bahwa HD (DPO) saat ini sedang berada di Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatra Utara.

Kemudian sekitar pukul 16.00 Wib, tim opsnal bergerak menuju Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatra Utara.

Saat Tim Opsnal tiba di rumah HD (DPO) yang bersangkutan sudah tidak berada di rumah. Kemudian tim melakukan penggeladahan  di rumah HD (DPO) untuk memeriksa kendaraan dan benar salah satu kendaraan honda blade yang ada di rumah HD (DPO) adalah kendaraan yang sama digunakan pelaku saat melakukan pencurian dengan kekerasan.

“Selanjutnya tim Membawa tersangka dan BB ke Polres Rohul untuk penyelidikan lebih lanjut. Saat ini tim masih melakukan Pengembangan terhadap BB dan Tersangka lainnya,” pungkas IPDA Totok Nurdianto SH mengakhiri.

(Humas Polres Rohul)

Iklan di bawah artikel

Leave A Reply

Your email address will not be published.